Cara Compile Enigma2 di OE-Alliance

Kali ini saya bahas yang ringan-ringan saja. Barangkali ada yang ingin mengembangkan Enigma2 lebih jauh buat audience di Indonesia. Kita gunakan build-environment dari OE-Alliance saja dulu buat latihan compile yang mudah. Nanti ketika sudah mulai terbiasa, maka akan lebih memudahkan untuk melakukan compile dari build-environment punya tim lain (sebut saja dari tim OpenPLi).

Untuk keperluan compile ini, kita gunakan saja distro Linux yang mudah yaitu Linux Mint, atau turunan dari Debian lainnya. Saya menggunakan Linux Mint 19.3 di desktop HP Prodesk, dengan CPU 3.2GHz dan RAM 4GB. Sebenarnya masih kurang sih spek segini buat saya, tapi apa boleh buat hanya ini yang bisa saya punya untuk saat ini. Kalau ada yang mau nyumbang RAM silakan, dengan senang hati saya terima. Hehehe... Just kidding!

Baiklah, ayo kita mulai acaranya. Pertama-tama, buka terminal dan ketikkan perintah berikut ini:
sudo apt-get install -y autoconf automake bison bzip2 chrpath coreutils curl cvs default-jre default-jre-headless diffstat flex g++ gawk gcc gettext git-core gzip help2man htop info java-common libc6-dev libglib2.0-dev libperl4-corelibs-perl libproc-processtable-perl libtool libxml2-utils make ncdu ncurses-bin ncurses-dev patch perl pkg-config po4a python-setuptools quilt sgmltools-lite sshpass subversion swig tar texi2html texinfo wget xsltproc zip zlib1g-dev

Kita set shell ke BASH dengan perintah ini:
sudo dpkg-reconfigure dash

Setelah muncul:
When asked: Install dash as /bin/sh?

Pilih opsi:
"NO"

Setelah tahap awal persiapan ini selesai, lalu silakan masuk ke folder mana saja yg teman-teman suka untuk menempatkan source code yang akan dicompile nanti. Misalnya saya di folder:
/home/budiarno/Source/Enigma2/OE-Alliance/

Contoh perintah masuknya seperti ini:
cd /home/budiarno/Source/Enigma2/OE-Alliance/

atau bisa juga:
cd ~/Source/Enigma2/OE-Alliance/

Berikutnya, layari halaman github Tim OE-Alliance di sini:


Perhatikan ada link ke "build-environment" di sana, silakan diklik.


Lalu klik pada tombol hijau yang bertuliskan "Clone or download". Pilih clone with https, klik tanda copy di samping kota link. Pada layar terminal, ketikkan perintah "git clone" ditambah dengan spasi klik kanan lau paste, sehingga jadi baris perintah berikut:
git clone https://github.com/oe-alliance/build-enviroment.git
Atau bisa juga ditulis dengan perintah seperti ini:
git clone https://github.com/oe-alliance/build-enviroment
Setelah proses clone repo selesai, kita masuk ke folder "build-environment":
cd build-enviroment
Dari folder ini, kita jalankan perintah:
make update

Perintah "make update" ini akan mendownload banyak file-file repo untuk proses compile image Enigma2 nantinya. Tunggu sampai semua proses selesai. Lalu silakan mau build image apa. Untuk contoh, saya build image openbh untuk receiver Dinobot4k, dengan perintah berikut ini:
MACHINE=dinobot4k DISTRO=openbh make image
Untuk image lainnya, silakan diperhatikan file "Makefile" yang ada di folder "build-environment". Saya berharap file tersebut sudah 'self-explained', karena memang di sana juga sudah tercantum jelas jenis MACHINE dan DISTRO yang tersedia.

Ok, segitu saja tulisan kali ini. Jika ingin melihat bagaimana proses yang saya lakukan di desktop Linux Mint saya, teman-teman bisa tonton di video YouTube berikut ini:


Selamat berkreasi.

Comments

  1. Nah' ini yg ingin sy pelajari bgt tapi sayang peralatan tempur belum memadai hehe..
    Thanks mas, sukses slalu buat sampeyan Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp....

      Saya pernah coba build pake STB Indi HG-680P, proses compile bisa berjalan hanya saja waktu itu tidak saya coba sampai selesai, jadi tidak tau bisa berapa lama baru selesai.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts Last 7 Days

Grabbing – Pengenalan

Satellite NSS11 at 108.0°E

Review Getmecom HD 5 Ethernet Part 2